0
perbedaan lcd dan led
Bagi Anda yang gemar dunia teknologi, tentunya tidak asing dengan yang namanya TV LCD dan TV LED. Kedua jenis TV tersebut menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebenarnya apa sih yang menjadi perbedaanya? Biasanya, TV LED memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan TV LCD. Jika Anda memiliki niat untuk membeli TV namun masih bingung mau membeli TV LCD atau LED, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan LCD dan LED berikut ini, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

TV LCD adalah televisi berlayar datar yang menggunakan teknologi Liquid Crystal Display. Televisi jenis ini memiliki dua lapisan kaca, dimana pada salah satu lapisannya terdapat cairan kristal. Cairan kristal itulah yang berfungsi untuk melewatkan atau memblokir cahaya, agar menghasilkan gambar pada saat dilewati arus listrik. Cairan kristal tersebut dibantu oleh cahaya dari lampu neon yang berada di belakang layar, agar gambar yang dibuat oleh cairan kristal itu dapat terlihat. Hal tersebut dikarenakan cairan kristal itu tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri.

TV atau monitor jenis LCD mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi, yang jelas lebih tinggi dibandingkan dengan TV tabung atau CRT. Selain menghasilkan kualitas gambar yang tinggi, TV LCD juga dibuat tipis, agar bisa menghemat tempat. Selain itu Anda juga bisa menempatkan TV LCD itu dimana saja sesuai keinginan Anda karena bentuknya yang tipis dan ramping. Bahkan Anda juga bisa menempatkannya di tembok dengan menggunakan braket yang bisa Anda dapatkan langsung di dalam paket TV-nya ketika Anda membelinya.

Sementara untuk TV LED, konsepnya tidak jauh berbeda dengan TV LCD. TV LED juga menggunakan teknologi Liquid Crystal Display, hanya saja bedanya terdapat pada sumber cahayanya. Jika TV LCD memakai lampu neon di belakang layarnya, maka TV LED memakai lampu LED (Light Emitting Dioda) di belakang layarnya. Pencahayaan pada TV LED ada dua, yaitu pencahayaan Edge dan Full Array. Pada pencahayaan Edge, rangkaian diodanya hanya berada di sepanjang tepi luar layar. Sedangkan pada pencahayaan Full Array, terdapat beberapa baris dioda di permukaan layar bagian belakangnya, sehingga tingkat kecerahan atau peredupannya dapat diatur sesuai selera kita.

Lebih mudahnya, kita bisa mengatakan kalau TV LED merupakan TV LCD dengan sistem pencahayaan yang lebih baik dan lebih maju. Selain itu, TV LED juga menggunakan daya yang lebih kecil dibandingkan dengan TV LCD, sehingga hemat energi. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa menentukan akan membeli TV LCD atau TV LED.


Posting Komentar

 
Top