0
Pengertian Public Relation
Dalam suatu lembaga atau perusahaan, seringkali ada suatu divisi atau departemen khusus yang bernama Public Relation. Secara umum, pengertian public relation itu sendiri adalah usaha dalam menciptakan interaksi yang baik antara lembaga dengan pihak luar, serta mewujudkan opini publik yang baik terhadap lembaganya tersebut.

Yang dimaksud dengan pihak luar dalam pengertian public relation tersebut mencakup semua pihak yang terkait dengan lembaga atau perusahaan tersebut, misalnya mitra kerja, masyarakat yang tinggal di sekitarnya, dan instansi pemerintahan yang terkait. Kemudian, yang dimaksud dengan opini publik yang baik adalah ketika sebagian besar pihak luar beranggapan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang baik dan memiliki integritas.



Public Relation memiliki beberapa peranan yang cukup penting bagi lembaga atau perusahaan, di antaranya:
Menyebarluaskan kabar kepada public tentang kesuksesan atau prestasi yang diperoleh perusahaan



  • Memperkenalkan produk mereka ke konsumen

  • Mendidik konsumen agar lebih memahami produk – produk perusahaan dan keuntungan yang bisa didapat darinya

  • Meyakinkan pelanggan bahwa perusahaan mampu bertahan dari suatu keadaan sulit

  • Memperbaiki hubungan dengan pihak luar jika terjadi masalah interaksi seperti salah paham, kekecewaan, dan lain sebagainya

  • Memastikan perusahaan mendapat dukungan penuh dari pihak – pihak luar

Dari berbagai peranan di atas, dapat kita simpulkan sendiri betapa pentingnya suatu divisi public relation dalam perusahaan. Maka dari itu, wajar saja jika public relation ini menjadi suatu profesi tersendiri yang cukup menjanjikan. Bahkan, ada pula beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri sebagai konsultan public relation. Pekerjaan mereka adalah membantu beberapa perusahaan untuk menciptakan hubungan masyarakat yang kuat.

Selain menggunakan jasa konsultan public relation, meningkatkan kualitas hubungan masyarakat dalam suatu perusahaan juga bisa dilakukan dengan memberikan training kepada karyawannya. Saat ini banyak lembaga -lembaga komersial yang menawarkan pelatihan khusus public relation kepada karyawan perusahaan.

Dalam menjalankan pekerjaannya, public relation memiliki berbagai macam strategi dan usaha yang bisa dilakukan, misalnya dengan membuat iklan atau newsletter, memperkenalkan produk mereka secara langsung melalui salesperson, atau dengan program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan masyarakat adalah suatu cara yang dilakukan untuk membantu masyarakat memperoleh peningkatan dalam hal ekonomi, kesejahteraan, budaya, atau apapun. Program semacam ini adalah cara yang paling manjur untuk menciptakan hubungan masyarakat yang kuat dan stabil untuk jangka panjang.

Menjadi seorang public relation yang sukses tidak semudah memahami pengertian public relation. Kita perlu juga memahami karakter, kebutuhan, dan keinginan masing – masing pihak untuk dapat mencari jalan tengah yang memuaskan kedua belah pihak.


Posting Komentar

 
Top