0
Cara merawat jenis batu akik supaya mengkilap harus diterapkan secara rutin. Tujuannya agar meningkatkan keindahan dan juga harga jualnya. Seperti halnya dengan menggunakan barang lainnya, batu akik juga harus mendapatkan perawatan yang tepat dan berkala. Karena seiring waktu, keundahannya bisa saja berkurang. Hal ini bisa karena paparan sinar mataharu, paparan debu, mengalami benturan, gesekan dengan benda lainnya dan lain sebagainya. Apa saja cara yang bisa diterapkan agar batu akik selalu mengkilap?



Hindari sinar matahari



Terdapat sejumlah batu akik yang  tidak kuat dengan paparan suhu panas. Dengan begitu harus selalu menghindari paparan sinar matahari terlalu lama. Karena kondisi itu dapat mengakibatkan perubahan warna batu akik yang semakin memudar atau hilang keindahannya.



Jangan memakai air panas



Kalau tingkat kekerasan batu akik terbilang rendah, sangat disarankan untuk menghindari cara pencucian memakai air panas. Sejumlah jenis batu memang sangat dianjurkan dirawat memakai air hangat. Tapi tidak semuanya cocok, jadi sangat penting untuk memperhatikan jenisnya dan juga karakter batu akik tersebut. Terpapar air panas akan menyebabkan batu akik mudah mengalami kerusakan.



Jangan memakai bahan kimia berbahaya



Guna membersihkan permukaan batu akik, Anda bisa memakai air sabun dengan kandungan lembut. Sangat disarankan untuk menghindari pemakaian cairan pemutih atau bahan kimia yang panas dan juga keras. Karena kondisi ini bisa mengakibatkan kerusakan batu akik.



Memakai lap lembut



Saat menggosok batu akik harus memakai lap lembut. Termasuk dalam menggosokknya harus dengan cara yang perlahan dan lembut. Bulu sikat gigi bertekstur lembut bisa diterapkan untuk menjangkau tempat kecil. Lalu dikeringkan dengan cukup diangin-anginkan saja.












Posting Komentar

 
Top