0
Harga Batu Akik Obsidian Hijau berkisar ratusan ribu rupiah. Tentunya semakin unik, menarik dan langka, maka harganya bisa semakin mahal. Batu mulia ini tidak tersusun dari batu mineral tambang. Namun merupakan batu yang dikeluarkan dari gunung berapi melalui pijar magma. Selanjutnya mendingin dan kemudian mengeras.



Suhu dari batu itu menurun, dikarenakan perbedaan suhu udara. Suhu yang berbeda ini dikarenakan magma pijar yang panasnya mencapai ribuan derajat celcius. Suhu panas ini akan menurun, dikarenakan suhu di luar atau di permukaan bumi lebih rendah. Jenis batu akik ini lebih banyak dijumpai di lereng dari gunung berapi aktif.



Biasanya para penambang harus menggali tanah dari kedalaman 30 centimeter hingga satu meter, sehingga bisa menemukan batu akik obsidian hijau. Salah satu kawasan yang dikenal sebagai penghasil batu akik ini adalah di Kabupaten Boyolali. Tepatnya daerah yang berada di lereng gunung Merapi.  Dimana gunung berapi di kawasan perbatasan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah ini masih aktif. Terakhir di tahun 2010 silam, gunung berapi ini mengalami erupsi yang dahsyat.



Sejumlah karakteristik batu akik obsidian hijau ini adalah sebagai berikut.

-          Warna sangat jelas mirip kaca, teksturnya halus dan berwarna seperti abu-abu, hijau muda, merah tua dan hitam. Teksturnya yang halus secara alami, meskipun tidak dipoles.

-          Tingkat kekerasan hingga 5 sampai 5,5 dalam skala Mohs.

-          Batu mulia ini terdiri atas 70 persen silikon dioksida dan mineral anorganik.










Posting Komentar

 
Top